Saturday, December 17, 2011

Pendangan Terhadap Marxis

 
Saya sangat mengagumi pemikiran marxis terutama penganutnya Tan malaka dan Leon troutsky. negara ini harus bisa menyejahterakan rakyatnya. para buruh harus aktif dalam pergerakan nasional, karena masyarakat akar rumput ini adalah salah satu komunitas terbesar di insonesia. walaupun saya mengagumi marxis dan tan malaka yang progresiv revolusioner dengan menganut paham komunisme dari lenin, akan tetapi saya sangat anti dengan yang namanya partai komunis, karena partai komunis identik dengan tradisi memberontak tidak hanya bolsevik tetapi di indonesia juga telah terjadi 3 kali pemberontakan/pengambilan alihan kekuasaan. pertama, pemberontakan di silungkang sumbar dan banten (1926-1927). musso dan amir syafridun di madiun 1948 dan terakhir kudeta yg paling tragis dan blum tahu siapa dalang sebenarnya. G 30 S/PKI, bahkan sastrawan pramoedya ananta toer mengkisahkannya dalam karyanya yang fenomenal "malam jahanam". intinya saya mengagumi marxis yang lebih identik kepada sosialisme tetapi saya sangat anti yang namanya partai komunis. 
Fahrezi S.IP (yogyakrta,15-12-11)

1 comment:

  1. Maaf Kanda Sebelum kanda Publish kan Tulisan kanda Tolong kanda perhatian ejaan n Kalimat kanda.. karna sedikit saja kesalahan kata bisa menimbulkan arti yg berbeda jadi menimbulkan persepsi yg berbeda bagi orang laen.
    buatt tulisan mengenai marxis saya setuju kanda karna satu alsan penting saya...
    . Cape denger kata2 pengemis yg bilang udah nggak makan 2 hari. Cape liat jutaan anak putus sekolah karena nggak punya uang. Cape dapet kabar temen satu rumah sakit tempat ade ane cuci darah meninggal karena nggak punya uang buat Hemodialisa.

    ReplyDelete